Sabtu, 08 Juni 2013

Tips Supaya Siswa Siap dan Mau Mengerjakan PR

Tak jarang guru memberikan Pekerjaan Rumah (PR) bagi siwa untuk tindak lanjut dari pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Sering ditemui siswa yang malas atau tidak mau mengerjakan PR. Sehingga membuat guru atau orang tua dibuat pusing karena kemalasan siswa mengerjakan PR.

Guru tidak boleh langsung menyalahkan siswa yang tidak mau mengerjakan PR yang diberikannya. Guru harus mencari tahu mengapa siswa tidak mau mengerjakan PR. Tentu ada alasan mengapa seorang anak tidak mengerjakan PR, bukan hanya karena malas. Berikut tips agar siswa mengerjakan PR.

  • Pastikan siswa menguasai materi pelajaran
PR diberikan ketika siswa benar-benar sudah menguasai kompetensi yang diajarkan. Dengan memahami materi, siswa akan tertarik dan tertantang untuk mengerjakannya di rumah.

  • Jangan memberikan PR terlalu banyak
Berikan PR dengan beberapa soal yang tingkat kesulitan mudah, sedang, dan sukar. PR diberikan kepada siswa untuk memunculkan rasa percaya diri, tanggung jawab, disiplin, dan untuk mengasah kemampuannya.

  • Periksa atau koreksi hasil pekerjaan siswa
Salah satu yang membuat siswa malas untuk mengerjakan PR adalah hasil kerjanya tidak dinilai. Guru harus memeriksa jawaban siswa yang telah dikerjakannya di rumah.

Sumber: sekolahdasar.net

Mungkin Anda Juga Ingin Membaca:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More